Read more
Keypad dan Buzzer
Pada percobaan kali ini dilakukan uji coba terhadap penggunaan keypad 4x3 dan buzzer. Setiap tombol pada keypad nantinya akan merepresentasikan setiap karakter yang tertera pada keypad tersebut. Karakter angka yang ditekan nantinya akan langsung ditampilkan pada serial monitor yang terdapat pada Arduino IDE. Ketika karakter pada keypad yang ditekan ialah „*‟ maka buzzer akan menyala dan berbunyi, sedangkan apabila yang ditekan ialah „#‟ maka buzzer akan mati. Berikut komponen yang diperlukan pada percobaan ini:
![]() |
| Keypad and Buzzer Component |
Kemudian pasang USB cable pada Arduino dengan port USB yang terdapat pada PC untuk menguplod program. Buka Arduino IDE, lalu ketikkan program berikut.
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; // Four rows
const byte COLS = 3; // Three columns
// Define the Keymap
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'#','0','*'}
};
// Connect keypad ROW0, ROW1, ROW2 and ROW3 to these Arduino pins.
byte rowPins[ROWS] = { 9, 8, 7, 6 };
// Connect keypad COL0, COL1 and COL2 to these Arduino pins.
byte colPins[COLS] = { 12, 11, 10 };
// Create the Keypad
Keypad kpd = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
#define buzzerpin 13
void setup()
{
pinMode(buzzerpin,OUTPUT);
digitalWrite(buzzerpin, HIGH);
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
char key = kpd.getKey();
if(key) // Check for a valid key.
{
switch (key)
{
case '*':
digitalWrite(buzzerpin, LOW);
break;
case '#':
digitalWrite(buzzerpin, HIGH);
break;
default:
Serial.println(key);
}
}
}
Berikutnya compile dan upload program ke dalam Arduino board. Perhatikan dan catat hasil yang terjadi, apakah sesuai dengan spesifikasi atau tidak.




0 Reviews
Silakan dikomentari